Dukung Perekonomian Sumbawa, Kementerian PUPR Tingkatkan Kualitas Jalan

Sumbawa Besar – Jalan nasional di Pulau Sumbawa merupakan logistik utama truk kontainer dari Surabaya menuju Nusa Tenggara Timur (NTT). Pentingnya keberadaan jalan ini menjadi alasan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan (PUPR) untuk terus melakukan peningkatan dan pemeliharaan ruas jalan nasional di Pulau Sumbawa.

Salah satunya adalah ruas Sumbawa Besar menuju Dompu sepanjang 190 km yang kini kondisinya 96,4%, dan ditargetkan selesai 100% pada akhir tahun 2018 melalui kegiatan preservasi, pemeliharaan rutin jalan dan jembatan dengan anggaran Rp 43 miliar.

Keberadaannya ruas Sumbawa Besar – Dompu menghubungkan sentra produksi pertanian di Kabupaten Sumbawa Besar, Dompu dan Bima dengan Pelabuhan Badas, Sumbawa Besar. Bahkan pada Januari 2018 lalu, melalui pelabuhan ini dilakukan ekspor Jagung sebanyak 14.000 ton.

Ruas ini juga memiliki spot pemandangan yang laut yang indah terutama pada saat melewati Desa Labuhan Jambu yang bersebelahan dengan indahnya Laut Flores.

“Pembangunan infrastruktur menjadi salah satu prioritas pembangunan nasional yang bertujuan untuk mendukung pertumbuhan ekonomi dan pemerataan hasil-hasil pembangunan,” kata Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, sebagaimana dikutip dari laman resmi Kementerian PUPR, hari Kamis (2/8/2018).

Selain preservasi jalan di ruas Sumbawa Besar – Dompu, Kementerian PUPR juga melakukan perbaikan Jembatan Padak Talas, dengan tipe jembatan plat berongga (voided slab bridge), yang berada di Desa Santong, dengan anggaran sebesar Rp 6,6 miliar. Jembatan sepanjang 13,8 meter ini memiliki lebar 7 meter dengan dua lajur.

“Pembangunan jalan merupakan salah satu pelaksanaan Nawa Cita Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden H. Jusuf Kalla untuk membangun Indonesia dari pinggiran,” tutup Basuki.

Previous «
Next »

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.