Dunia Sedang Sulit, Presiden : Bersyukur Ekonomi Kita Masih Tumbuh 5% Lebih

Bogor – Presiden Joko Widodo (Jokowi) bersilaturahmi dengan para Bupati, di ruang Garuda, Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, Kamis (5/7/2018). Ia menjelaskan, pertemuannya dengan Bupati yang dilakukan dalam beberapa gelombang agar jumlahnya tidak terlalu, sehingga lebih bebas untuk menyampaikan hal-hal yang berkaitan dengan pemerintahan di daerah.

Presiden menegaskan keinginannya agar pemerintah pusat, pemerintah provinsi, dan pemerintah kabupaten betul-betul satu garis lurus. Dengan demikian, setiap kebijakan-kebijakan yang ada di pemerintah pusat bisa dikerjakan secara sinergi bersama-sama dengan pemerintah kabupaten.

Ia kemudian mengemukakan, situasi ekonomi dunia sekarang ini masih betul-betul pada posisi yang sangat sulit. Ia yakin para bupati juga merasakan, bagaimana ketidakpastian ekonomi dunia itu betul-betul sulit dikalkulasi dan sulit dihitung.

Namun demikian, menurut Presiden, Indonesia patut bersyukur karena pertumbuhan ekonomi masih cukup baik. “Saya kira kita patut bersyukur ekonomi kita masih bisa tumbuh 5 persen lebih sedikit. Itu saya kira, patut kita syukuri,” katanya .

Ia kemudian membandingkan dengan negara-negara lain, misalnya Republik Rakyat Tiongkok (RRT) yang mulanya pertumbuhan di angka 11% ataupun 10%, langsung anjlok saat ini ke posisi 6,5%. “Betul-betul sebuah proses yang berat,” tutur Jokowi.

Saat bertemu dengan para Bupati itu, Presiden Jokowi didampingi oleh Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg) Pratikno.

Previous «
Next »

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.