June 19, 2018

Ekspor Gula Serbuk Organik Indonesia Tembus Pasar Eropa

Soropadan – Kementerian Pertanian melalui Direktorat Jenderal Perkebunan melakukan launching Ekspor Gula Serbuk Organik pada tanggal 2 Mei 2018 di Balai Pengembangan Sumber Daya Manusia Pertanian dan Perkebunan Soropadan, Jawa Tengah.

“Kementerian pertanian mendukung dan mendorong kreasi petani berupa produk olahan gula serbuk dalam rangka peningkatan kesejahteraan petani,” ujar Hari Priyono, staf ahli menteri bidang investasi pertanian di sela-sela mengunjungi stand petani pada acara ekspor perdana gula serbuk kelapa organik.

Hari Priyono menambahkan, gula semut kelapa organik ini merupakan salah satu komoditas yang lagi tren di pasar internasional. Untuk itu, selain membuka akses pasar, ia juga meminta standarisasi kualitas produksi ditingkatkan.

Ekspor komoditi organik ini adalah yang perdana dilakukan dari Soropadan, Temanggung Jawa Tengah. Satu Kontainer berisikan 18.5 Ton serbuk kelapa organik, akan diekspor ke negara tujuan Polandia. Selebihnya, sekitar 10 kontainer lain atau sebanyak 185 ton diekspor ke sejumlah negara Eropa antara lain Jerman, Polandia, Yunani, Inggris dan Australia.

Ekspor ini, menurutnya, merupakan bentuk keberhasilan program Pengembangan Desa Pertanian Organik Berbasis Komoditas Perkebunan. Program ini bertujuan untuk menerapkan kegiatan budidaya perkebunan yang ramah lingkungan, dengan pola pemenuhan input usaha tani secara mandiri dan berbasis kepada potensi agroekosistem dan keanekaragaman hayati. Dengan demikian, nantinya dihasilkan komoditas perkebunan yang berkualitas dan aman untuk dikonsumsi oleh masyarakat.

Previous «
Next »

Leave a Reply

Your email address will not be published.