Infrastruktur Pengendalian Banjir Kali Bogel Lindungi Lima Desa di Blitar

Blitar – Kawasan di bantaran Kali Bogel, Kecamatan Sutoyan, Kabupaten Blitar, Jawa Timur selama ini menjadi daerah langganan banjir akibat sedimentasi dan debit air yang menggerus dinding sungai dan tanggul sungai yang rendah. Banjir paling parah tercatat terjadi pada tahun 2004 dengan ketinggian lebih dari 2 meter yang merusak lahan pertanian dan rumah-rumah penduduk.

Karenanya, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) tengah menyelesaikan pembangunan infrastruktur pengendalian banjir berupa normalisasi dan pelebaran alur Kali Bogel sepanjang 7,21 Km. Kegiatan untuk memperbaiki Daerah Aliran Sungai (DAS) Kali Bogel yang masuk kategori kritis ini dikunjungi Presiden Joko Widodo (Jokowi) pada Kamis (3/1/2019).

“Normalisasi Kali Bogel yang dilakukan Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Brantas, akan mengurangi risiko banjir di lima desa dengan luasan sekitar 500 hektar. Kelima desa tersebut yakni Desa Pandanarum, Bacem, Sumberejo, Sutojayan dan  Kedungbunder,” kata Dirjen Sumber Daya Air Kementerian PUPR Hari Suprayogi.

Pekerjaan yang dilakukan diantaranya adalah pelebaran sungai dari lebar 6 meter menjadi 14 meter dan pembuatan tanggul di kedua sisi aliran sungai setinggi 7 meter untuk mencegah terjadinya longsor.

“Pembangunan pengendali banjir berada di sepanjang aliran Kali Bogel (3,5 km) ditambah anak sungai Kali Bogel yakni Sungai Geseng (2,4 Km), Kedung Wungu (1,4 Km) dan Pajem (800 m). Pekerjaan dilakukan selama 3 tahun dari 2017. Saat ini progresnya sudah 23%, dan ditargetkan selesai November 2020,” ujar Hari.

Kepala Kelurahan Sutojayan, Sugeng menyatakan sangat berterimakasih atas pembangunan pengendali banjir Kali Bogel. Karena sejak banjir besar tahun 2004 lalu sudah diusulkan pembangunannya, dan kini sudah dikerjakan. “Harapan masyarakat dengan adanya normalisasi sungai akan melindungi sawah dan rumah para petani dari kerusakan akibat banjir yang setiap tahun terjadi,” ujarnya.

Previous «
Next »

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.