Kadin Jerman Dukung Indonesia Promosikan Peluang Investasi di Jerman

Berlin – Indonesia mendapatkan dukungan kuat dari KADIN Jerman (Deutscher Industrie-und Handelskammertag/DIHK) untuk melakukan promosi tentang ekonomi Indonesia dan kesempatan perdagangan serta investasi kepada jutaan anggota DIHK di seluruh Jerman. Kesepakatan kerjasama ini dicapai pada saat pertemuan Dubes RI untuk Republik Federal Jerman Dr. Arif Havas Oegroseno, SH., MH. dengan Deputi CEO DIHK Dr. Volker Treier dan Direktur Asia DIHK, Mark Potstada pada 29 Juni 2018 di kantor pusat DIHK.

DIHK memiliki 79 kantor dagang di 16 negara bagian yang menaungi lebih dari 3,5 juta perusahaan Jerman, yang sebagian besar adalah UKM. Pengertian UKM di Jerman adalah perusahaan dengan pendapatan tahunan 50 juta Euro atau 800an milyar rupiah dengan pegawai di bawah 500 orang.​

Kampanye ataupun promosi dilakukan melalui dua mekanisme yaitu Digital Campaign dan Roadshow dengan dukungan DIHK. Digital Campaign akan dilakukan secara elektronik melalui jejaring DIHK secara regular. Kampanye roadshow akan dilakukan akhir tahun, setelah penyelenggaraan konferensi industri dan pengusaha Jerman di Jakarta pada November 2018, dalam acara Asia-Pacific Conference 2018. Rencananya, sekitar 1.000 kalangan bisnis Jerman akan hadir di Jakarta.

Sukses Indonesia dalam menghadirkan 300,000 turis asal Jerman ke Indonesia saat ini, perlu diperluas dengan peningkatan perdagangan dan investasi. Kehadiran turis asal Jerman dengan nilai pengeluaran per kunjungan yang sangat tinggi yaitu USD2,500 menunjukkan bahwa pengeluaran turis Jerman di Indonesia mencapai USD750 juta.

Saat ini Indonesia dinilai masih belum optimal dalam memanfaatkan kekuatan ekonomi Jerman, sebagai negara dengan ekonomi paling kuat di Uni Eropa saat ini. Untuk itu, Indonesia harus mampu memanfaatkan pertemuan ini secara maksimal guna meningkatkan hubungan perdagangan Indonesia-Jerman.

Previous «
Next »

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.