Kembangkan Potensi Babel, Kemenhub Bangun Beberapa Pelabuhan dan Bandara

Pangkal Pinang – Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi saat menjadi pembicara dalam Dialog Nasional ke-17 “Indonesia Maju” bersama Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara dan Gubernur Kep. Bangka Belitung Erzaldi Rosman di GOR Sahabudin, Rabu (25/7/2018) menjelaskan, saat ini pihaknya telah mengembangkan beberapa pembangunan di Bangka Belitung. Pembangunan akses transportasi ini salah satu tujuannya adalah untuk meningkatkan potensi pariwisata yang ada.

“Kami ingin membuat akses destinasi wisata baru dan akan meresmikan Bandara Depati Amir, jadi dengan mudah wisatawan datang ke Bangka. Lalu ada satu lagi Bandara H.A.S Hanandjoeddin, kita akan meningkatkan kapasitas melayani masyarakat dengan lebih baik,” tukas Menhub. “Kalau ada turis, maka akan ada pertumbuhan baru seperti menciptakan lapangan kerja,”

Selain pariwisata, Budi Karya pun menjelaskan bahwa saat ini sedang dibangun beberapa pelabuhan laut sebagai kunci logistik dan arus barang. “Kita akan mengembangkan Pelabuhan Pangkal Balam untuk mendatangkan kesempatan bekerja masyarakat. Bangka Belitung punya posisi strategis untuk bersaing dengan daerah lain,” paparnya.

Pelabuhan lain yang telah dibangun di Bangka Belitung, lanjutnya, adalah Pelabuhan Tanjung Batu, Tanjung Pandan, Pelabuhan Mangar, Pelabuhan Muntok. Pembangunan yang dilakukan secara besar-besaran dan menyeluruh ini, menurutnya, menunjukkan bahwa pemerintah memandang konektivitas sebagai unsur penting, karena menghubungkan antar lokasi yang menyebabkan adanya permintaan dan penawaran.

“Konektivitas yaitu mengkoneksikan dari satu tempat ke tempat yang lain dan membangun kesejahteraan masyarakat. Dapat memperkuat jalur logistik utama dan memantapkan perekonomian regional. Jadi timbul koneksi dan kebutuhan,” tegasnya.

Pada kesempatan yang sama, Gubernur Kepulauan Bangka Belitung Erzaldi Rosman mendukung penuh pembangunan yang dilakukan oleh Kementerian Perhubungan di Provinsi Bangka Belitung.

“Kepulauan Bangka Belitung itu terdiri dari 450 pulau. Dengan adanya konektivitas maka akan menghubungkan Bangka Belitung dengan dunia. Kita teruskan pembangunan ini dan berikan dukungan penuh untuk pembangunan Indonesia, utamanya di Bangka Belitung,” pungkas Erzaldi.

Previous «
Next »

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.