Kementerian PUPR Bangun Rusus dan Rusun Mahasiswa di Papua Barat

Papua Barat – Pemerintah membangun 50 unit rumah khusus (Rusus) yang diperuntukan bagi masyarakat berpenghasilan rendah yang tinggal di Kampung Wasambin, Distrik Teluk Maybilit, Kabupaten Raja Ampat, Provinsi Papua Barat. Rusus yang dibangun merupakan rumah tipe 36, dilengkapi meubelair dan prasarana sarana dan utilitas (PSU) seperti jalan lingkungan, drainase, listrik dan air.

Selain untuk MBR, pembangunan Rusus di Papua juga diperuntukan bagi pemuka agama/adat, masyarakat yang terimbas konflik, petugas, tenaga pendidikan dan kesehatan yang bertugas di daerah perbatasan dan ex anggota OPM.

“Pembangunan Rusus ini tidak hanya di Papua Barat namun hampir di seluruh Provinsi di Indonesia,” kata Dirjen Penyediaan Perumahan Kementerian PUPR Khalawi AH saat meninjau Rusus Kampung Warsambin.

Selain Rusus, Khalawi juga meninjau Rusun Mahasiswa STKIP Muhammadiyah Sorong yang berada di Kelurahan Mariat Pantai, Distrik Aimas, Kabupaten Sorong, Papua Barat. “Rusun terdiri dari 3 lantai tipe 24 ini rampung pada tahun 2017, dan memiliki unit sebanyak 37 kamar,” jelasnya.

Saat ini Rusun tersebut sudah dihuni oleh 150 mahasiswa. Tak lupa Khalawi berpesan kepada mahasiswa yang tinggal di Rusun tersebut, agar bisa menjaga suasana tertib sehingga bisa belajar dengan baik dan nyaman.

Kementerian PUPR, lanjutnya, terus berupaya meningkatkan taraf hidup masyarakat berpenghasilan rendah (MBR) untuk memiliki rumah yang sejahtera dan layak huni. “Penyediaan rumah MBR dilakukan melalui pembangunan Rusus, Rusun, Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya (BSPS) dan bantuan prasarana, sarana dan utilitas (PSU) perumahan bersubsidi,” pungkasnya.

Program penyediaan rumah ini akan mendukung pencapaian target program satu juta rumah, serta untuk mengurangi kekurangan pasokan (backlog) perumahan di Indonesia yang masih sebesar 11,4 juta unit pada tahun 2015.

Previous «
Next »

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.