Jelang Asian Games 2018, Kementerian PUPR Rampungkan Jakabaring Sport City

Jakarta – Kota Palembang salah satu kota penyelenggara Asian Games ke-18 selain Jakarta. Pemerintah telah menyiapkan 14 venue di Komplek Jakabaring Sport City. Dari 14 venue tersebut, pembangunan dan renovasi sebanyak 3 venue yakni shooting range, dayung dan skateboard dilakukan oleh Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR).

“Seluruh pekerjaan infrastruktur untuk mendukung Asian Games 2018 akan selesai tepat pada waktunya dan memenuhi standar internasional dari cabang olahraga terkait,” kata Menteri PUPR Basuki Hadimuljono selaku Ketua Pelaksana Bidang Sarana dan Prasarana Asian Games XVIII. Menurutnya, sukses Asian Games pada intinya adalah sukses penyediaan venue atau infrastruktur, kedua sukses penyelenggaraan, dan ketiga sukses prestasi olahraganya.

Kementerian PUPR telah menyelesaikan pembangunan dan renovasi shooting range tahap I pada akhir tahun 2017 berupa renovasi bangunan induk, renovasi & perluasan shooting range 10, 25, dan 50 meter serta pembangunan baru untuk line skeet and trap. Demikian pula halnya venue skateboard dengan luas 2.460 m2, telah selesai pembangunannya pada 3 Juli 2018.

Menteri Basuki yang juga Ketua PODSI mengatakan bahwa Venue Dayung di Palembang, yang telah rampung pada akhir 2017, merupakan salah satu yang terbaik di Asia. Venue memiliki lintasan dengan lebar seluas 200 meter dan panjang 2200 meter dan kedalaman 5 meter dilengkapi tribun penonton dengan kapasitas 2.144 kursi.

Selain venue, Kementerian PUPR memberikan dukungan berupa pembangunan tribun VIP Venue Voli Pantai, melengkapi Venue Voli Pantai yang telah dibangun sebelumnya oleh Pemerintah Provinsi Sumsel. Bangunan tribun VIP terdiri dari 3 lantai dengan luas bangunan 3.000 m2 dengan kapasitas 478 orang.

“Kawasan sekitar venue juga dilakukan penataan sehingga menjadi rapi dan hijau sekaligus menjadi ruang terbuka hijau di Kota Palembang,” tutup Basuki. Kementerian PUPR menata kawasan Jakabaring Sport City berupa pembuatan plaza dengan air mancur menari di depan Stadion Gelora Sriwijaya, pelataran parkir, drainase, pagar keliling kawasan, pos jaga, dan pekerjaan lansekap.

Previous «
Next »

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.