Kemlu Datangkan Perwakilan Amerika Tengah dan Selatan Ke Industri Strategis RI

Jakarta – Sebagai upaya untuk mendorong penetrasi pasar non-tradisional, Kementerian Luar Negeri membawa perwakilan negara sahabat di wilayah Amerika Tengah dan Selatan mengunjungi PT Industri Kereta Api (INKA) di Madiun (04/07/2018) dan PT Barata Indonesia (BI) di Gresik (05/07/2018). Rombongan terdiri dari Dubes Peru Y.M. Julio Cardenas, serta perwakilan dari Kedubes Meksiko, Kolombia dan Ekuador.

Kunjungan rombongan diterima oleh Direktur Utama PT INKA, Budi Noviantoro; dan Direktur Utama PT BI, Silmy Karim. Selain memperoleh informasi melalui paparan dari kedua Direktur Utama, dilakukan pula diskusi dengan jajaran pimpinan kedua BUMN. Setelah itu, para peserta berkesempatan meninjau fasilitas manufaktur dan produksi terkini dari PT INKA dan PT BI.

“Para peserta menyatakan kepuasan dapat melihat kualitas dan kapabilitas produksi PT INKA dan PT BI serta berdiskusi secara langsung dengan para pimpinan perusahaan,” ujar Direktur Amerika I Kemlu, Zelda Wulan Kartika.

Para peserta menyatakan bahwa informasi yang diperoleh sangat berguna untuk disampaikan kepada pihak-pihak terkait di negara masing-masing. “Mereka pun menghargai upaya Kemlu dalam mendorong kerja sama ekonomi dan perdagangan Indonesia dengan negaranya, yang merupakan pasar non-tradisional potensial bagi Indonesia,” lanjut Zelda.

Para peserta dari perwakilan negara sahabat menyampaikan harapan, kiranya kedua perusahaan dapat melakukan kunjungan bisnis ke negara-negara mereka.

Pimpinan dari kedua BUMN tersebut memandang penting kegiatan kunjungan yang memungkinkan terjalinnya kontak langsung antara perusahaan di Indonesia dengan perwakilan negara sahabat. Kegiatan promosi pun akan ditindak lanjuti melalui forum INA-LATAMCAR pada Oktober 2018. Kunjungan ke negara terkait pun akan dilakukan, jika dipandang perlu.

Previous «
Next »

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.