Pengentasan Kemiskinan, PLN Peduli Bantu Elektrifikasi 100 Rumah di Sulut

Kepulauan Sangihe – PLN memberikan bantuan elektrifikasi untuk 100 rumah di Sulawesi Utara, yakni di Kabupaten Kepulauan Sangihe, Talaud dan Siau. Total bantuan yang digelontorkan CSR PLN/PLN Peduli untuk program elektrifikasi sebesar Rp 200 juta ini, merupakan bagian dari salah satu program BUMN Hadir untuk Negeri dalam rangka pemasangan listrik secara gratis bagi masyarakat kurang mampu yang belum memiliki listrik PLN.

Asisten Deputi Bidang Usaha Konstruksi dan Sarana Prasarana Perhubungan III Kementerian BUMN Heri Purnomo mengatakan, program ini dilakukan untuk pemerataan pembangunan. “Diharapkan masyarakat di seluruh wilayah Indonesia dapat merasakan hadirnya BUMN, jadi nyata adanya bahwa BUMN Hadir Untuk Negeri,” katanya.

Sebelum ada bantuan elektrifikasi ini, Arfandi (25), nelayan yang tinggal di rumah apung kawasan Tidore, Kec. Tahuna, mendapat listrik dari tetangga. “Sebelumnya dapat listrik dari tetangga sebelah dan per bulan bayar Rp 50.000 untuk TV, kipas dan 2 lampu. Senang bisa dapat listrik dari PLN,” ujarnya.

Pada kesempatan yang sama, Direktur Bisnis Regional Sulawesi PLN Syamsul Huda berpesan kepada pelanggan baru di Tahuna agar listrik dimanfaatkan secara maksimal, terutama untuk kepentingan bisnis.

“Jadi sekarang sudah ada listrik, ya, Bu. Bukan hanya untuk penerangan, Ibu bisa mendirikan usaha, mendirikan warung, kue, dan melakukan bisnis dengan memanfaatkan listrik. Jadi listrik ini digunakan sebaik mungkin oleh Ibu. Mudah-mudahan bermanfaat,” pesan Huda.

Program elektrifikasi rumah tangga bertujuan mendukung program pengentasan kemiskinan serta menaikkan Indeks Pembangunan Manusia (IPM), khususnya memperhatikan rumah tangga yang belum teraliri listrik di berbagai daerah.

Previous «
Next »

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.