Tingkatkan Produksi Migas, Pemerintah Percepat Alih Kelola Wilayah Kerja

Jakarta – Empat Wilayah Kerja (WK) Kontrak Bagi Hasil Gross Split yang berakhir kontrak kerja samanya pada tahun 2019 dan 2020 telah ditandatangai Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM). Keempat kontrak WK yang ditandatangani Rabu (11/7/2018) di Jakarta tersebut adalah WK Bula, Salawati, Kepala Burung, dan Malacca Strait.

Keempatnya merupakan Kontrak Perpanjangan dan Pengelolaan Bersama antara Kontraktor Eksisting bersama Pertamina dengan jangka waktu selama 20 tahun. Total bonus tanda tangan perpanjangan kontrak yang disetorkan kepada negara adalah sebesar USD 5,5 juta. Adapun nilai Investasi dari pelaksanaan komitmen kerja pasti lima tahun pertama keempat WK ini diperkirakan sebesar USD 148,4 juta.

“Dengan mempercepat proses penandatanganan WK yang akan berakhir, kontraktor akan bisa mempercepat alih kelola seawal mungkin, sehingga produksi bisa dipertahankan, idealnya harus kita tingkatkan,” ujar Sekretaris Jenderal (Sekjen) Kementerian ESDM Ego Syahrial pada sambutannya saat penandatangan.

Ego menambahkan, selain menilai kemauan kerja, Kementerian ESDM juga menilai komitmen kerja pasti 5 tahun. Tujuannya tidak lain adalah untuk meningkatkan kegiatan eksplorasi yang bertujuan menemukan cadangan.

Disamping meningkatkan eksplorasi, melalui perpanjangan kontrak WK menggunakan kontrak bagi hasil Gross Split, negara akan mendapatkan penerimaan yang lebih baik lagi. Tidak hanya untuk negara, kontraktor pun diharapkan akan mendapatkan keuntungan yang lebih baik. “Kita harapkan para kontraktor bisa lebih efisien dalam pengelolaannya dan menerima revenue yang besar,” ujar Ego.

Ia pun berpesan agar komitmen yang sudah ditandatangani dan tertuang dalam kontrak kerja sama betul-betul dilakukan secepat mungkin, dengan demikian produksi bisa dipertahankan dan ditingkatkan sehingga target lifting migas bisa tercapai.

Previous «
Next »

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.