Presiden Jokowi: Korsel Akan Naikkan Investasi 2 Kali Lipat

Jakarta – Dalam konperensi pers bersama di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, Kamis (9/11/2017) malam, Presiden Joko Widodo mengatakan, bahwa merupakan kehormatan baginya menerima kunjungan kenegaraan dari Presiden Korsel Moon Jae-In di Istana Kepresidenan Bogor.

“Kunjungan Presiden Moon merupakan kunjungan pertama ke negara ASEAN. Hal ini perlu dimaknai sebagai komitmen kuat untuk terus meningkatkan hubungan bilateral kedua negara,” sambung Jokowi.

Presiden pun mengemukakan, bahwa pertemuan bilateral antara delegasi Pemerintah Republik Indonesia (RI) dengan delegasi Pemerintah Republik Korea (Korsel) berlangsung dengan hangat dan produktif.

“Beberapa hal yang dibahas, antara lain kesepakatan meningkatkan kemitraan kedua negara special strategic partnership dengan penajaman akselerasi industrialisasi di Indonesia,” kata Jokowi.

Menurutnya, pemerintah kedua negara sepakat untuk peningkatan investasi Korea Selatan hampir dua kali lipat. Sementara volume perdagangan yang meningkat 19,3 persen pada tahun 2017 ini, menurut Presiden Jokowi akan terus ditingkatkan.

Dalam kesempatan itu, secara khusus Presiden Jokowi menyampaikan apresiasi dan juga menitipkan para pekerja Indonesia terutama yang bekerja di sektor perikanan.

 

Tiga Nota Kesepahaman

Sebanyak 3 (tiga) Nota Kesepahaman atau Memorandum of Understanding telah ditandatangani dalam pertemuan bilateral antara delegasi Pemerintah Republik Indonesia yang dipimpin langsung oleh Presiden Joko Widodo dengan delegasi Pemerintah Republik Korea Selatan yang dipimpin oleh Presiden Moon Jae-In ini.

Ketiga MoU tersebut adalah:

  1. Penandatanganan Bidang Perindustrian oleh Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto dengan Menteri Perdagangan, Industri, dan Energi Paik Un Gyu;
  1. Penandatanganan Bidang Transportasi oleh Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi dengan Menteri Pertanahan, Infrastruktur, dan Transportasi Kim Hun-Mee; dan
  1. Penandatanganan Bidang Kesehatan oleh Menteri Kesehatan Nila Moeloek dan Menteri Luar Negeri Kang Kyung-wha.

Dalam pertemuan bilateral itu Presiden Korea didampingi oleh Menteri Luar Negeri Kang Kyung-wha, Menteri Perdagangan, Industri, dan Energi Paik Un Gyu, Menteri Pertanahan, Infrastruktur, dan Transportasi Kim Hun-Mee, Duta Besar Luar Biasa dan Berkuasa Penuh Republik Korea untuk Republik Indonesia Cho Tai Yung, serta para staf khusus dan deputi lainnya.

Sementara Presiden Jokowi didampingi oleh Menko Perekonomian Darmin Nasution, Menko PMK Puan Maharani, Seskab Pramono Anung, Mensesneg Pratikno, Menperin Airlangga Hartarto, Menhub Budi Karya Sumadi, Menkes Nila Moeloek, dan Kepala BKPM Thomas Lembong.

Sebelumnya Presiden Jokowi telah mengajak Presiden Korea Selatan, Moon Jae-in, mengunjungi pusat perbelanjaan mall BTM, di Bogor. Dalam kesempatan itu, Moon membeli batik berwarna merah dan memilihkan batik warna biru untuk Jokowi. Selain membeli batik, Moon juga menyempatkan diri minum di salah satu kios teh yang berada tidak jauh dari toko batik.

Previous «
Next »

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.