Presiden: LRT Akan Kita Bangun di Surabaya, Medan, dan Bandung

Palembang – Presiden Joko Widodo (Jokowi) didampingi Ibu Negara Iriana Joko Widodo, Jumat (13/7/2018) di Palembang, Sumatra Selatan, melakukan uji coba kereta ringan light rail transit (LRT) pertama di Indonesia. LRT ini dibangun guna mendukung pelaksanaan Asian Games 2018.

Selain untuk Asian Games 2018, LRT yang memiliki 4 rute ini dalam jangka panjang akan memberikan alternatif moda transportasi kepada masyarakat. Presiden berharap, LRT ini akan menjadi contoh bagi kota-kota besar lain di Indonesia.

“Saya ingin agar kereta ringan LRT Palembang ini nanti bisa dijadikan contoh kota-kota besar di Indonesia yang saya kira sudah mulai padat, mulai macet, mulai membutuhkan transportasi massal,” kata Jokowi. 

Diungkapkannya, rencananya LRT akan dibangun di 3 kota besar lain di Indonesia, yaitu Surabaya, Medan, dan Bandung. “Tiga ini yang dalam perencanaan sudah matang dan sebentar lagi mau kita mulai,” kata Presiden.

Terkait tarif, Jokowi mengungkapkan apabila dirinya telah menginstruksikan kepada Menteri Perhubungan untuk menghitung terlebih dahulu. “Kalau perlu menggunakan subsidi terlebih dahulu. Kalau sudah jadi sebuah budaya, subsidinya ditarik. Bukan hanya di Palembang saja, tapi nanti di kota lain,” ujarnya.

Ia pun mengakui, membudayakan penggunaan transportasi massal seperti LRT ini memang tidak mudah dan membutuhkan waktu yang panjang. “Yang paling penting ini adalah membangun sebuah peradaban baru, budaya baru, budaya menggunakan transportasi massal yang aman dan nyaman, serta budaya tepat waktu dan budaya antre,” kata Presiden. Menurutnya, penggunaan transportasi massal akan lebih efisien dari penggunaan kendaraan pribadi.

Previous «
Next »

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.