Presiden OCA: Asian Games 2018 Torehkan Sejarah

Jakarta – Dibuka dengan adegan dramatis Presiden Joko Widodo memasuki stadion Gelora Bung Karno (GBK), perhelatan Asian Games 2018 resmi dibuka, pada hari Sabtu (18/8/2018). Perhelatan olah raga terbesar kedua di dunia setelah olimpiade ini, diselenggarakan di dua kota di Indonesia, yakni Jakarta dan Palembang.

Setelah Presiden memasuki lokasi acara pembukaan, seremoni berlanjut dengan Tari Saman asal Aceh yang dikemas megah penuh warna, dan ditutup dengan membentuk konfigurasi bendera merah putih. Keriuhan berlanjut dengan devile para atlit dari 45 negara Asia memasuki stadion, yang diakhiri dengan devile atlit Indonesia yang disambut dengan sangat meriah. Pada saat Via Valen menyanyikan ‘Meraih Bintang’ sebagai lagu tema Asian Games, penonton pun terlihat riuh melihat presiden Jokowi yang bergerak mengikuti irama.

Acara kemudian berlanjut dengan Ketua Panitia pelaksanaan Asian Games 2018 (INASGOC) Erick Thohir beserta Presiden Dewan Olimpiade Asia ( OCA), Syeikh Ahmad Al Fahad Al Sabah menyampaikan sambutan. Tak henti-henti Presiden IOC menyampaikan pujiannya atas meriahnya acara pembukaan Asian Games ke 18 yang sangat meriah.

“Kami gembira dapat hadir di negara Anda yang indah ini. Penyelenggaraan Asian Games ini membuat sejarah baru dengan dua kota sebagai tuan rumah untuk pertama kalinya, yaitu Jakarta dan Palembang,” ucap Syeikh Ahmad. “Asian Games ke-18 ini juga membuat sejarah baru, yakni tim Korea Utara dan tim Korea Selatan melebur menjadi satu tim. Kontingen Kuwait yang harus menerima sanksi dan berada di bawah bendera independen selama beberapa tahun, sekarang dapat mengikuti kejuaraan dengan mengibarkan bendera mereka sendiri dan lagu kebangsaan mereka.”

Secara keseluruhan acara pembukaan Asian Games ke 18 ini berjalan dengan sangat meriah, bahkan menjadi viral di beberapa negara Asia, seperti Korea Selatan. Kesuksesan ini tidak terlepas pula dari tangan dingin Wisnutama selaku Creative Director upacara pembukaan Asian Games 2018.

Selamat berpesta Asia!

Previous «
Next »

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.