Progres 30%, Menhub Optimis Jalur KA Bandara Solo Selesai Pertengahan 2019

Solo РDalam kunjungan kerjanya ke Solo, Sabtu (10/11/2018), Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan optimis, pembangunan Kereta Api (KA) Bandara Solo dapat diselesaikan pada pertengahan tahun 2019 mendatang.

“Kereta Bandara sekarang ini kira-kira sudah 30 persen, jadi pertengahan tahun depan InsyaAllah selesai,” ujar Budi Karya dalam kegiatan Dialog Nasional Jilid 30 Indonesia Maju di Diamond Hall & Convention Center.

Menteri Perhubungan didampingi oleh Direktur Jenderal Perkeretaapian Zulfikri juga berkesempatan mengunjungi lokasi proyek pembangunan jalur Kereta Api Bandara dan Stasiun Kereta Api Bandara Adi Soemarmo. Menurutnya, saat ini Stasiun Kereta Api Bandara Adi Soemarmo sudah selesai dibangun dan hanya tinggal menyelesaikan pembangunan rel.

“Kita tinggal menyelesaikan pekerjaan rel. Kita harapkan bulan 4 atau bulan 5 ini tahun mendatang selesai,” ungkapnya.

Jalur Kereta Api Bandara akan dibangun dengan single track. Akan tetapi Menhub mengatakan, tidak menutup kemungkinan ke depannya akan dibuat jalur ganda atau double track apabila kepadatan bertambah dan dirasa diperlukan.

“Kereta Bandara ini single track. Karena kepadatannya tidak tinggi, jadi kalau pun nanti akan ada double track ditengah-tengah saja kita bikin, nanti persilangan,” tutur Budi.

Kereta Api Bandara memiliki jalur sepanjang 13 km, dengan 3 km jalur yang sudah ada (existing) ditambah dengan 10 km pembuatan jalur baru. Rencananya, kereta api bandara akan beroperasi dari Stasiun Solo Balapan menuju Stasiun Bandara Adi Soemarmo dengan waktu tempuh kurang lebih 20 menit.

Previous «
Next »

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.