RI -Australia Tingkatkan Hubungan Menjadi Comprehensive Strategic Partnership

Bogor – Perdana Menteri (PM) Australia, Scott Morrison, yang baru sepekan lalu dilantik, melakukan kunjungan perdananya ke luar negeri dengan mengunjungi Presiden Joko Widodo (Jokowi), di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, Jumat (31/8/2018).

“Hal ini dapat dimaknai sebagai komitmen kuat pemerintah baru Australia untuk terus membangun sebuah hubungan yang kuat, yang saling menghormati, dan saling menguntungkan,” kata Presiden Jokowi dalam konferensi pers bersama PM Australia Scott Morrison.

Australia merupakan salah satu mitra penting Indonesia di kawasan. “Dan Australia juga merupakan salah satu mitra penting bagi ASEAN,” ujar Jokowi.

Beberapa hal dibahas dalam pertemuan bilateral kali ini, antara lain yang pertama Indonesia menyambut baik peningkatan hubungan dari Comprehensive Partnership menjadi Comprehensive Strategic Partnership. Yang kedua, lanjut Presiden, Indonesia dan Australia juga menegaskan pentingnya keterbukaan ekonomi dan upaya memperkokoh hubungan ekonomi yang saling menguntungkan.

“Dalam kaitan ini kami menyambut baik selesainya perundingan substantif Indonesia-Australia Comprehensive Economic Partnership,” ujarnya.

Ketiga, kedua negara juga menekankan pentingnya penghormatan hukum internasional dan penghormatan terhadap kedaulatan masing-masing negara. Dan yang keempat, lanjut Presiden, Indonesia dan Australia sepakat untuk terus meningkatkan kerja sama di bidang keamanan, termasuk di dalamnya di bidang cyber security.

Ditegaskan Presiden Jokowi, Indonesia dan Australia memiliki komitmen yang tinggi untuk terus berkolaborasi dalam penanganan isu kawasan dan dunia, termasuk di dalamnya pemberantasan terorisme. dan melanjutkan komunikasi mengenai pengembangan konsep Indo-Pasifik, serta mengenai isu Palestina.

Kedatangan PM Australia itu disambut dengan dentuman meriam sebanyak 21 kali, sebelum kemudian memasuki Istana Kepresidenan. Dalam kesempatan ini dilakukan penandatangan kesepakatan di bidang transportasi, cyber security, dan pengembangan industri kreatif.

Usai menyampaikan pernyataan pers bersama, kedua pemimpin menuju ke halaman belakang Istana Kepresidenan Bogor. Di sana, keduanya tampak melepaskan jasnya dan hanya memakai kemeja putih untuk menanam Pohon Meranti, di Grand Garden Istana Kepresidenan Bogor.

Previous «
Next »

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.