Segera Luncurkan OSS, Presiden: Negara Cepat Akan Kalahkan Negara Lambat

 

Banten – Presiden Joko Widodo (Jokowi) menjelaskan, bahwa pemerintah pusat telah membuat Pelayanan Perizinan Berusaha Terintegrasi Secara Elektronik atau Online Single Submission (OSS) yang dalam minggu-minggu ini akan diluncurkan. Untuk itu ia mengingatkan kepada para bupati dan kepala dinas, bahwa sudah tidak zamannya lagi mengurus izin hingga berminggu-minggu, berbulan-bulan, apalagi bertahun-tahun.

“Apa gunanya sistem online yang ada kalau mengurus izin masih lebih dari sebulan. Investor mana yang mau datang ke sebuah daerah kalau keadaan seperti sekarang ini masih kita terus-teruskan,” kata Presiden Jokowi dalam sambutannya pada pembukaan Rapat Kerja Nasional (Rakernas) ke-11 Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia (Apkasi) di Indonesia Convention Exhibition (ICE) BSD, Tangerang Selatan, Banten, Jumat (6/7/2018).

Dengan adanya OSS, nantinya bisa diketahui hambatan-hambatan yang ditemui dalam pengurusan perizinan, mulai dari pemerintah pusat, provinsi, sampai kabupaten dan kota. “Bisa usut semuanya, di mana yang terhambat, kenapa terhambat,” jelas Presiden.

Ditegaskan Presiden, zamannya sekarang ini adalah zaman serba cepat. Sekarang bukan lagi negara besar mengalahkan negara kecil atau negara kuat mengalahkan negara lemah. Tetapi negara yang cepat akan mengalahkan negara yang lambat.

“Kuncinya di situ, kecepatan. Kecepatan bertindak dan kecepatan melayani. Pola pikir seperti itu harus kita miliki. Tanpa pola pikir seperti itu, jangan berani berbicara lagi mengenai daya saing,” ujar Presiden.

Tampak hadir dalam acara pembukaan itu antara lain Mendagri Tjahjo Kumolo, Sekretaris Kabinet Pramono Anung, dan Kapolri Jenderal Tito Karnavian.

Previous «
Next »

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.