Tol Pandaan Segera Rampung, Tingkatkan Keterhubungan Pasuruan-Malang

Malang – Jalan Tol Pandaan di Kabupaten Pasuruan sampai ke Kota Malang, Jawa Timur dibangun mulai akhir tahun 2016. Jalan sepanjang 38,48 km ini akan dibagi menjadi 5 seksi, yakni Pandaan-Purwosari-Singosari-Lawang-Malang Kota.

Menurut PT. Jasa Marga (Persero), Tbk. pembangunan hingga saat ini telah mencapai 70,12%. Pembangunan tidak dilakukan secara bersamaan, karena mengikuti lahan yang telah terlebih dahulu dibebaskan. Namun demikian, seluruh ruas tol ini ditargetkan dapat rampung pada pertengahan 2019.

“Untuk waktu normal, kalau kita lihat end to end dari Pandaan sampai Singosari. Kalau sehari-hari kurang lebih 1 dampai 1,5 jam, tapi kalau lewat tol hanya 20 menitan saja,” ujar Agus Purnomo Direktur Utama PT Jasamarga Pandaan Malang (JPM). Bahkan apabila di hari libur waktu tempuh bisa mencapai 3 jam, dirinya tetap memprediksi waktu tempuh melalui Jalan Tol Pandaan sekitar 20 menit.

Salah satu ruas tol yang tengah dikebut pengerjaannya adalah di ruas 1, 2, dan 3. Ruas sepanjang 30 km yang menghubungkan Pandaan dan Singosari ini, sekarang dilakukan selama 24 jam penuh, untuk memenuhi target dibuka fungsional sejak tanggal 25 Desember 2018 hingga 2 Januari 2019, dalam rangka menyambut libur Natal dan Tahun baru.

“Tantangannya memang kita harus menyelesaikan satu jembatan yang cukup tinggi di STA 18. Kita berpacu, maksimal tanggal 20 Desember bisa cor slab yang paling atas. Itu nanti umur (betonnya) 7 hari sampai 14 hari. Kalau kita tingkatkan mutu betonnya 7 hari bisa, maka akhir Desember sudah bisa dilewati,” jelas Indrawan, Project Manager PT JPM.

Hadirnya Jalan Tol Pandaan dengan nilai investasi Rp10 triliun ini diyakini akan meningkatkan tingkat pergerakan orang dan barang antara Pasuruan dengan Kota Malang. Sehingga akan mengembangkan perekonomian wilayah sekitarnya.

Previous «
Next »

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.